[Review] Armageddon Kalashnikov AK-990i : Keyboard Rubberdome Rasa Mechanical!

Yo, what's up balik lagi dengan saya. Sudah sebulan lebih saya tidak posting karena fokus dengan ujian masuk perguruan tinggi dan persiapan kuliah. Sekarang saya akan mulai rajin memposting konten lagi yaaa setidaknya paling tidak seminggu sekali jika saya tidak disibukan dengan kegiatan perkuliahan

Now, let's move on. Kalashnikov, siapa yang tidak pernah dengar nama Kalashnikov? ya, ia adalah seseorang yang telah menciptakan senjata yang super durable, murah, dan sangat bisa diandalkan, yaitu AK-47. Senjata yang identik dengan side Terrorist di counter strike ini sudah sangat terkenal di berbagai perang dan video games. Sekarang, nama kalashnikov sudah muncul di dunia gaming gears.



Keyboard besutan Armaggeddon ini hadir dalam ukuran full size alias tombol lengkap sampai ke numpad. Keyboard ini mengusung semi-mechanical switch, yaitu keyboard rubberdome yang memiliki feel keyboard mechanical. Tentu feelnya pasti tidak akan seperti keyboard full mechanical pada umumnya namun sekiranya sudah mendekati. Keyboard ini adalah pilihan tepat untuk kamu yang penasaran dengan feel keyboard mechanical tapi tidak memiliki budget untuk membeli keyboard full mechanical yang rata-rata lebih mahal daripada keyboard rubberdome.


Keyboard ini memiliki build quality yang cukup baik meskipun menggunakan material plastik. Karena material keyboard ini sebagian besar terdiri dari plastik, maka keyboard menjadi sangat ringan. Kabel keyboard ini pun sudah Braided Cable. Jadi durabilitas kabel keyboard ini lebih baik daripada kabel karet pada umumnya. Keyboard ini terbilang agak tinggi dan sayangnya hadir tanpa arm rest. Pergelangan tangan saya akan terasa pegal jika memakai keyboard ini lama-lama. Fitur tambahan yang dimiliki oleh keyboard ini adalah LED backlight 3 warna dengan 3 mode (mati, breathing dan solid color) dan Function button.


Keycaps keyboard ini pun bisa dilepas untuk memudahkan maintenance keyboard. Namun saya agak kecewa saat melepas keycapsnya karena caps keyboard ini memiliki bentuk yang berbeda. Switch yang dimilki keyboard bukan seperti Cherry MX, namun berbentuk kubus terbuka dan bagian rubberdomenya terlihat. Ini membuat keyboard ini tidak dapat di dandani dengan Keycaps yang berada di pasaran karena rata-rata keycaps yang dijual di pasaran hanya kompatibel dengan switch Cherry MX atau sejenis



Feel yang dimiliki oleh keyboard ini menurut saya sangat cepat dan touch sensitive, mungkin ini karena saya biasanya memakai keyboard rubberdome. Tuts keyboard ini sangat ringan dan mudah ditekan. Dalam fast-paced gaming ini adalah hal yang sangat bagus, Namun saya seringkali tidak sengaja menekan tuts yang salah dikarenakan tuts sangat ringan. Input data terbilang cepat dibanding keyboard semi-mechanical yang saya pernah punya. Untuk suara, suara yang dihasilkan cukup nyaring tapi tak senyaring keyboard Razer Blackwidow saya. Konstruksi keyboardnya cukup bagus, saya jarang mengalami typo kecuali saya sedang panik dalam fast-paced gaming.


Untuk harga, keyboard ini dibandrol dengan harga sekitar 250 sampai 350 ribu rupiah tergantung dimana, kapan, dan ada diskon apa saat anda membeli keyboard ini. Harga yang cukup menarik untuk keyboard semi-mechanical. Keyboard ini bisa dibilang kebalikan dari pendahulunya, AK-770i dimana AK-770i memiliki suara yang hening sedangkan AK-990i memiliki suara yang nyaring bak AK47 yang sedang ditembakan

Situs resmi Armaggeddon AK-990i: http://leapfroglobal.com/amg/keyboards/kalashinikov-ak-990i.html 

Komentar

Posting Komentar